Pelajar yang ingin menjadi Terpelajar

My name is Fauzan . Saya merupakan gelandangan masa depan yang masih punya harapan untuk lolos SBMPTN tahun depan.

Di mulai dengan perkenalan di dunia maya….

Kelas 11 SMA adalah waktu dimana bergeloranya belajar bagi sebagian orang. Lain dengan diriku yang tak mempunyai gairah dalam belajar,  belajar hanya sekedar untuk nilai ujian, yang penting nilai rapot  bagus dan dapat peringkat di kelas. Kegiatan belajarku hanya menerima  apa adanya dari guru, hapal materi,  mengerjakan soal, kerjakan soal sampai menghapal soal. Ketika  ujian akan dilaksanakan saya  bingung mencari referensi soal-soal buat latihan untuk ujian. Maklumlah,  bukan anak les. Salah satu alternatifnya adalah mencari di Internet. Setelah pulang sekolah, saya langsung ke warnet untuk memburu soal-soal latihan, setelah dapat banyak referensi saya coba kerjakan soal tersebut, Namun, apa yang terjadi……  nol total alias gak bisa ngerjakan. Saya hanya bisa memandang  satu per satu soal-soal dari berbagai referensi sambil bergumam, “ gimana ngerjakannya kalau gak ada yang ngajarin cara nyelesaikan soal, saya lihat pembahasan tertulis tak ngerti angka-angka itu datang dari mana”. Yaudah saya nyerah, mau les aja dah.  Namun ada yang berbeda dari berbagai referensi  yang saya dapatkan di internet, yaitu dari zenius. Terdapat  macam-macam soal yang tersusun rapi untuk diselesaikan serta ada box sebalah kanan tempat untuk mengerjakannya. “ Wah ini kok beda dari yang lain ya”, gumamku . Lantas saya langsung kerjakan.Saya beri nilai plus untuk soal-soal yang tersedia di zenius. Di zenius soal-soalnya udah tertata rapi sesuai bab serta soalnya udah diuji memang buat melatih pemahaman konsep. Well, bagi semua pelajar dan para guru, zenius adalah tempat bagus buat hunting soal-soal kece , kamu bisa download sepuasnya tanpa mengeluarkan sepeser uang pun, cuma modal internet aja mah.

bandicam-2016-12-31-05-37-53-321

  Soal PDF bisa di download di masing2 video pembahasan soal di zenius.net. Ada tombol “download soal” di kiri atas video.

Setelah saya mengerjakan soalnya, kebingungan saya timbul lagi yaitu menentukan jawaban yang benar dan salah,  saya gak bisa nanya selayaknya anak-anak les , meskipun  bisa nanya sama guru  di sekolah, namun tetap saja  gak ngerti dari mana datangnya angka-angka itu, guru  cuma bisa menemukan jawabannya tapi saya tak tahu asal-usulnya. “Apa iya  harus ikut les, biaya les besar sekali”.   tatap pasrah memandang lembar soal zenius yang udah  coret-coret, sambil berharap menemukan alternatif lain. Sambil menatap lembaran tersebut, saya penasaran dengan tulisan sebelah bawah kertas tersebut, “ Kunci dan pembahasan soal  bisa diliat di zenius.net  dengan memasukkan kode di menu search” . Saya coba buka zenius.net ,  liat websitenya. Tampilannya sederhana  namun elegan,  cari menu search yang ternyata ada disebelah pojok kanan atas,  saya masukkan itu kode lalu munculah nomor soal-soal yang saya kerjakan. Setelah  klik soal-soal yang ingin  dilihat pembahasannya,  video player berjalan. Di video tersebut,  hanya ada tulisan dan suara orang yang menjelaskan isi soalnya dengan sangat rinci. “Wah, ini yang saya  cari”,   pembahasan soalnya yang sangat rinci serta melatih  untuk ngerjakan dari konsepnya.

bandicam-2016-12-31-06-02-02-990

 Bisa lihat pembasan soal yang di jelaskan secara detail yang melatih pemahaman konsep.

Setelah sudah puas satu nomor telah di bahas,  lanjut nomor yang lain tapi hanya tulisan inilah yang muncul “Premium member only”,  ternyata saya gak bisa lanjut untuk pembahasan berikutnya diharuskan mendaftar premium terlebih dahulu.

bandicam-2016-12-31-06-07-26-938 

Menemukan emote yang menjengkelkan ketika belum menjadi member premium.

Setelah  dibuat jatuh cinta pada pandangan pertama,  Saya langsung ikuti prosedur untuk dapatkan paket premium. Ku putuskan untuk tidak les dan membeli voucher premium 1 bulan yang hanya membayar 150 ribu ketika itu. Saya pesan langsung disini.
Pembayarannya sangat mudah, meskipun saya belum punya ATM, saya bisa bayar di Indomaret.

Setelah menikmati pembahasan soal selama satu bulan, saya ngerasa gak bisa ngerjakan soal yang lain. Saya  menimbang-nimbang kesalahan , “ apa ada yang salah ya, padahal udah belajar pembahasan online di zenius”.  Ternyata  saya dapat kesimpulan bahwa kalau hanya ngerjakan soal dan liat pembahasan gak akan cukup, kalau mau bisa ngerjakan semua soal dengan lancar,  harus ngerti konsep. Inilah pertama kali saya mengenal DELIBERATE PRACTICE.  Akhirnya  kuputuskan untuk memperpanjang paket premium.

Saya babat semua materi yang ada di zenius . Materi per bab dibahas secara mendasar agar bisa memahami konsep bab tersebut.  Materi- materi di zenius sudah tersusun berdasarkan kurikulum. Video bisa di tonton berkali-kali sampai advance. Jadi, Saya tak khawatir masalah waktu dan tempat. Saya bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

bandicam-2016-12-31-06-44-07-835

Saya bisa belajar kapanpun dan dimanapun

UN

Satu semester sudah saya lewati dengan Zenius,  saatnya  berhadapan dengan UN. Disaat teman-teman bingung mencari tempat les.  Saya sudah siap tempur with zenius, materi-materi UN di zenius, panduan untuk belajar materi UN dan pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya sudah dipersiapkan. Tinggal masalah mengatur waktu aja ketika belajar mandiri, disini  ditantang untuk belajar mengatur waktu dan jadwal. Inilah bedanya dengan les konvensional yang waktunya diatur oleh si pengajar.

bandicam-2016-12-31-06-54-01-036

Pembahasan soal-soal UN serta pembahasannnya sudah tersedia lengkap.

SNMPTN dan SBMPTN

Pendaftaran SNMPTN telah tiba,  Saya tak tahu mau kuliah dimana, mau pilih jurusan apa, universitas apa, dan tujuan hidup  apa. Inilah yang disebut orang yang tak punya passion, orang yang belum menemukan jati diri. Akhirnya SNMPTN  daftar di perguruan tinggi berdasarkan gengsi aja.  Ternyata tidak diterima SNMPTN.  Saya bertekad lanjut ambil jalur SBMPTN setelah berita buruk dari SNMPTN. Saya bertekad berjuang hanya dalam waktu sedikit, belajar habis-habisan  dengan  soal-soal pembahasan SBMPTN tahun lalu di zenius.

bandicam-2016-12-31-07-06-38-450

Soal-soal SBMPTN sampai SPMB 1998 tersedia di zenius.net

Pengumuman telah tiba, ternyata hasil tetap nihil saya gak lolos SBMPTN kali ini . Saya  sadar ternyata SBMPTN bukan ujian biasa. Persiapan SBMPTN beda dengan UN. Di SBMPTN pemahaman konsep kita akan di uji , kita akan berhadapan dengan soal-soal tingkat advance.Karena yang di uji adalah pemahaman konsep, maka sebaiknya jangan melihat pembahasan soal-soal SBMPTN terlebih dahulu sebelum mengerti konsep materi per bab.  Materi SBMPTN di zenius udah dipersiapkan secara matang disini.

bandicam-2016-12-31-07-20-31-481

Materi SBMPTN yang dijelaskan secara efektif.

 SETELAH PENGUMUMAN MENYAKITKAN

Saya memutuskan untuk ambil Gap satu tahun setelah lelah belajar selama 9 tahun.  Meskipun  udah diterima di D3 IPB,  saya mantap dengan keputusan saya untuk mencari jati diri dulu.  Tidak mau melakukankan hal yang sering dilakukan oleh alumni-alumni sebelumnya, yaitu Salah Jurusan. Yang sudah di peringatkan oleh Bang Glenn  di artikel SERIOUS WARNING : JANGAN SAMPAI SALAH MILIH JURUSAN . Saya menikmati masa masa Gap Year ini, saya bisa melaksanakan kegiatan yang belum belum pernah dilakukan ketika sekolah, melakukan hal-hal baru, tempat baru, dan saya bisa lebih banyak membaca buku atau artikel-artikel zenius.  Saya tak lupa juga sambil mempersiapkan SBMPTN tahun depan.  Namun bedanya kali, Saya  pakai Xpedia 2.0 Alumni karena alasan  gak punya wifi dan kuota melimpah.  Xpedia 2.0 bisa dibeli dengan memesan secara langsung atau langsung mendatangi reseller terdekat, kebetulan di kota saya gak ada reseller yang menjual ini, saya beli online disini.  Namun, saya agak dongkol melihat website penjualan DVD Zenius bajakan bertebaran. Mereka tak bertanggungjawab apa yang mereka lakukan adalah melanggar undang-undang dan tak menghargai ilmu pengetahuan.  Sebelumnya saya ingin membeli versi bajakan ini, tapi urung itu tak jadi karena saya niatnya ingin  mendapatkan ilmu yang tulus dari Zenius. Meskipun ini hanyalah sebuah DVD, namun ini dibuat dengan kerja keras para tutor. “Apakah dengan cara ini (  beli bajakan )  saya membalas jasa mereka? “, gumamku.

Banyak keuntungan yang  bisa didapatkan dengan membeli Xpedia 2.0  :

  • DVD Zenius Xpedia bisa diputar berkali-kali tanpa khawatir kuota.
  • Voucher Zenius.net 1 tahun.
  • Voucher Zenius Club. Di zenius Club , saya  bisa berdiskusi dengan sesama user lain, mulai dari pelajaran, film, buku, universitas,  sampai curhatan galau . Selain itu  di Zen Club bisa ikut Tryout yang diadakan tiap minggu.
  • Kaos Zenius Education .

Namun dari semua keuntungannya yang diberikan Zenius,  yang paling berharga bagi saya  adalah persepsi saya terhadap SAINS sebagai ilmu pengetahuan. Saya yakin para tutor membuat Zenius agar pemuda2 Indonesia melek sains, bukan hanya lulus PTN belaka, apa gunanya kuliah di PTN namun mata mereka tertutup ilmu pengetahuan, mereka yang hanya melihat ilmu hanya sebagai medium untuk lulus ujian setelah itu dapat kerja. Maka akan timbullah bibit2 yang gampang terprovokasi dan gemar berita HOAX   .

Soal-soal dan pembahasan telah saya kerjakan, Materi telah kudengarkan , sampai artikel2 sains telah kubaca. Hal itu secara tidak langsung membentuk insight saya  sebagai kaum pelajar. Masih banyak ilmu yang  belum kuketahui, masih banyak buku yang  belum kubaca, masih banyak pengalaman yang belum  kurasakan, dan masih jauh  untuk menjadi kaum Terpelajar.

Leave a Reply

